Kalahkan Ekuador 2-1, AS ke Semifinal Copa America

By Admin

nusakini.com-- Amerika Serikat lolos ke semifinal Copa America Centenario setelah menang tipis 2-1 atas Ekuador dalam laga perempat-final di CenturyLink Field, Seattle,  Jumat (17/6) pagi WIB. 

Ketinggalan 0-1 di paruh pertama membuat Ekuador mengambil inisiatif permainan usai jeda. Kerjasama Enner Valencia dan Antonio Valencia menguji kesigapan Brad Guzan di awal babak dua.

Baru tujuh menit pertandingan berjalan, wasit mengeluarkan dua kartu merah setelah terjadi keributan di atas lapangan. Tensi pertandingan pun memanas.

Antonio Valencia melanggar keras Alejandro Bedoya yang berbuah kartu kuning kedua, sekaligus membuat gelandang AS, Jermaine Jones, mengamuk dan terpaksa diusir wasit karena tampak mendorong wajah lawan.

AS berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-65. Clint Dempsey berhasil mengamankan bola di dalam kotak penalti, dan mengirim bola ke tengah gawang yang bisa disontek masuk Gyasi Zardes dengan baik.

Ekuador berhasil memperpanjang nafasnya di menit ke-74 setelah Michael Antonio Arroyo melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihentikan Guzan. Skor kini menjadi 1-2.

Dua menit berselang, Ekuador nyaris menghadirkan mimpi buruk di depan publik AS. Beruntung buat tuan rumah, tendangan Enner Valencia masih membentur mistar gawang.

Hingga akhir pertandingan, Ekuador terus menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun, solidnya pertahanan AS membuat skor 2-1 bertahan hingga bubaran, membawa The Yanks lolos ke semifinal Copa America Centenario.

Amerika kini akan menunggu pemenang antara Argentina atau Venezuela, yang baru akan bertemu pada 18 Juni 2016 mendatang. (v/ab)